KAU TELAH MEMILIHKU

Info OMK – FX Kuta


Sabtu sore tanggal 24 tepatnya pukul 4 Sore beberapa anak muda tampak sibuk dan berbondong-bondong datang ke gereja ,sehingga membuat suasana gereja saat itu tampak ramai.Apakah yang gerangan sedang terjadi? Rupanya mereka adalah rombongan Orang Muda Khatolik (OMK) yang sedang berkumpul dan siap berangkat untuk mengikuti acara Rekoleksi OMK yang berlokasi di Bedugul,lebih tepatnya di Villa Lake View Bedugul.

 

Acara ini diselenggarakan oleh OMK St.Fransiskus Xaverius dan bekerja sama dengan Sie.Kepemudaan dari Dewan Pastoral Paroki,acara rekoleksi ini diusung denga tema “Kau Telah Memilihku”.pada akhirnya Kurang lebih 70 Peserta berangkat bersama dengan menggunakan 3 unit Bus menuju lokasi acara rekoleksi.

Waktu sudah menunjukan pukul 6.30 sore dan pesertapun telah tiba di Villa Lake view untuk selanjutnya bersiap-siap mengikuti acara pembukaan rekoleksi OMK. Walaupun udara disekitar sangat dingin,dan kondisi peserta yang kelelahan,namun para peserta bersemangat mengikuti sesi demi sesi acara Rekoleksi hari pertama,yang dibuka dengan acara keakraban dan games, acarapun berlangsung sangat meriah,dan pesertapun sangat antusias berkenalan dan mengikuti games-games pembuka yang diarahkan panitia.

Sesi selanjutnya yang merupakan inti dari Kegiatan rekoleksi inipun dimulai yakni Sesi penyembuhan luka Bathin yang dibawakan oleh Tante Katrin dan Tim.Dalam session ini Tante katrin mencoba menyampaikan materi peyembuhan luka bathin kepada peserta rekoleksi dimana dalam sesi ini kita diberi pengetahuan mengenai apa itu luka bathin serta bagaimana tanda-tandanya pada pribadi yang memiliki luka bathin.penjelasan demi penjelasan disimak oleh setiap peserta dengan seksama dan dengan rasa penasaran sehingga ruangan aula hanya dipenuhi oleh suara dari Tante Katrin.

Setelah diisi dengan pengetahuan mengenai apa itu luka bathin,kemudian peserta dibawa kedalam suasana hening dan dalam sikap meditasi,dimana disini peserta akan diajak untuk membuka diri dan mengingat luka-luka bathin yang pernah mereka alami untuk nantinya akan disembuhkan.Dalam peristiwa ini banyak dari peserta yang membuka diri untuk disembuhkan,sebagian lagi terus melanjutkan dengan berdoa dan yang terjadi pada saat itu adalah banyak dari peserta mengalami kembali peristiwa-peristiwa yang mungkin sudah lama mereka pendam dan sembunyikan,sehingga suasana ruanganpun dipenuhi dengan isak tangis dan histeris dari peserta rekoleksi.Kemudian para peserta yang mengalami atau memiliki luka bathin tersebut didoakan oleh Tim pendoa yang datang bersama tante Katrin untuk membantu dalam proses penyembuhan luka bathin para peserta rekoleksi.

Setelah Suasana kembali tenang setelah beberapa peserta didoakan,maka selajutnya peserta diberi kesempatan untuk melakukan ritual ‘Membasuh kaki’ sebagai bentuk pengampunan atau mengampuni orang-orang yang kita anggap sebagai sumber luka bathin kita agar berikutnya kita bisa bebas dari rasa bersalah,benci,penyesalan kita terhadap sumber luka bathin kita,dan orang yang hendak peserta basuh kakinya merupakan orang yang dipilih oleh peserta karena dianggap mampu mewakili sumber luka bathin mereka,dan prosesi pembasuhan kakipun berjalan khidmat dan penuh dengan suasana memaafkan.

Selanjutnya setelah semua sesi penyembuhan luka bathin selesai,peserta kembali menerima pengetahuan mengenai bagaimana menyikapi diri terhadap luka bathin dan bagaimana bertumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang mau memaafkan,dan tidak menyimpan dendam,sehingga yang dirasakan adalah selalu damai.Dan sekalugus merupakan akhir dari session penyembuhan luka bathin pada malam itu,yang kemudian panitia mengumumkan kepada seluruh peserta untuk beristirahat agar keesokan hari bisa melanjutkan acara Rekoleksi.

Pukul 5.30 Pagi peserta dibangunkan oleh panitia untuk mengikuti Olahraga Pagi,dan walaupun peserta masih merasa mengantuk,namun seluruh peserta tetap berantusias mengikuti olahraga pagi.Setelah itu peserta diberi waktu untuk MCK yang kemudian dilajutkan kegiatan berikutnya yakni Doa Yesus.Dalam Doa Yesus ini peserta diajak untuk bermeditasi dan mengajak serta membuka diri terhadap kehadiran Yesus Kristus,dengan berdoa mengucapkan kata “Yesus” sembari menarik dan menghembuskan nafas.Dan sekali lagi ruangan aula terasa khidmat.

Sesion berikutnya adalah sesi keakraban atau saling mengenal lebih dekat antara masing-masing peserta yang di pimpin oleh Panitia dengan menghadirkan Games-games berhadiah,yang tentunya mengajak peserta rekoleksi tambah semarak dan semangat mengikutinya.Dan benar saja,seluruh peserta sangat bersemangat sampai ruangan dipenuhi dengan keriuhan dan gelak tawa penuh semangat.

Setelah bersenang-senang sambil berkenalan satu sama lain,para peserta kembali diajak untuk mengikuti Sesion – session yang antara lain dibawakan oleh,Suster Susan dari Sie.Kepemudaan Keuskupan denpasar,Bpk.Ari beno yang merupakan Ketua ………..Dewan Pastoral Paroki St.Fx Kuta,serta Romo Yomi,Pr sebagai sesi penutup. Dan Rekoleksi OMK St.Fransiskus Xaverius Kuta akhirnya ditutup  dengan misa penutup yang dibawakan Oleh Romo.Yomi,Pr dan berlangsung dengan sangat baik. Setelah itu seluruh peserta bersiap-siap untuk berangkat pulang menuju Gereja St.Fransiskus Xaverius Kuta.

(Yosefino Mario-OMK Fx.Kuta)

 

 

 3,355 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *