Sabtu Suci – Tuhan Ada di Sisi Kita

Sabtu Suci – Tuhan Ada di Sisi Kita

::Sabtu Suci::
Tuhan Ada di Sisi Kita

Perayaan Misa Sabtu Suci 3 April 2021, pukul 18.00 WITA, dipimpin oleh Romo Venus dan Romo Toni. Pelaksanaan Misa berlangsung lancar, hikmat dan diselenggarakan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tidak seperti perayaan pekan suci pada masa sebelum pandemi Covid-19, perayaan misa kali ini diselenggarakan dengan beberapa penyesuaian pada jadwal dan tata cara pelaksanaannya. Untuk interval antar misa dijadwalkan dengan rentang waktu yang relatif cukup untuk pelaksanaan protokol kesehatan, pemeriksaan keamanan dan pengaturan duduk umat di dalam gereja.

Beberapa tata cara perayaan yang disesuaikan seperti, upacara pemberkatan lilin paskah yang biasanya diadakan di depan (pelataran) gereja, kali ini dilaksanakan di ruang sakristi; eksultet yang biasanya dinyanyikan kini hanya dibacakan; serta pada Misa Sabtu Suci ini umat tidak membawa lilin dan tidak ada prosesi penyalaan lilin secara bersamaan.

Pada malam ini diselenggarakan upacara penerimaan Sakramen Baptis yang diikuti 20 orang katekumen yang sebelumnya telah mengikuti pembinaan dan pelajaran selama beberapa bulan.

“Semoga malam yang pernuh rahmat ini memberi kita kekuatan serta memotivasi kita bahwa Tuhan ada di sisi kita, serta menyadari bawah Tuhan ada di pihak kita,..dan itulah yang mengispirasi kita hingga akhir hidup,” pesan Romo Venus pada akhir misa.

SELAMAT PASKAH !

Penulis : Merlin, Lita, Dhea.
Foto : Christian Diva, Mario Abi.

 6,535 total views,  2 views today